image1 https://4.bp.blogspot.com/-tuRZc-cZ2mQ/WCrxE-2rwWI/AAAAAAAACxY/38LyujDw46ke5_Ta5wKN2saDh-y62Cq9QCLcB/s1600/01.%2BMTQ%2BTingkat%2BKec.%2BNegeri%2BBesar%2B%252864%2529.JPG https://3.bp.blogspot.com/-gU7uo5_MV7A/WCrx7t8T2sI/AAAAAAAACxg/v4i3n-xz6AoJafrypQkKT4Xl5qDbqMlwQCLcB/s320/E%2B29.JPG

HELLO I'M EDWARD APRIADI|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|Membawa Anda Dalam Berita Dan Informasi|'Seputar Kabupaten Way Kanan

Menanti Kiprah Pemuda Dalam Membangun Bumi Ramik Ragom.


“Berikan aku 10 Pemuda maka aku akan menggncang dunia”, Ungkapan sang proklamator tersebut bukan hanya sekedar sebuah ungkapan namun sebuah kenyataan bila kita melihat kiprah pemuda baik didunia maupun di negeri ini, kita lihat saja Lahirnya sumpah pemuda 28 Oktober 1928 merupakan titik awal persatuan  pemuda yang terbentuk dalam satu wadah untuk bersama memperjuangkan kemerdekaan Republik ini.

Jelang diproklamasikannya kemerdekaan ini peran pemuda sangatlah vital, sejarah mencatat nama seorang tokoh pemuda bernama Sukarni yang yang mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi adalah soekarno-Hatta atas  nama bangsa Indonesia, dan sukarni juga bersama kalangan muda lainnya yang mendesak Soekarno-Hatta agar segera mempercepat proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, selain Sukarni sejarah juga mencatat seorang pemuda yang juga berperan dalam proklamasi kemerdekaan yakni Sayuti Melik, ditangannyalah teks proklamasi disempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.

Pada masa Reformasi 1998 peran aktif pemuda sangatlah dominan, generasi muda dari kalangan mahasiswa dan berbagai elemen pemuda lainnya berhasil membawa harapan baru bagi masyarakat Indonesia setelah ditumbangkannya rezim orde baru yang berkuasa selama 32 Tahun.

Di era terkini kita menyaksikan dunia tercengang dengan munculnya seorang pemuda bernama Mark Elliot Zuckerberg   lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984, adalah seorang programer komputer dan pengusaha Internet, ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, Pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. Pada 2011, kekayaan pribadinya ditaksir mencapai $17,55 miliar. (sumber wikipedia).

Di antara pemimpin dunia pun saat ini kita dapat melihat bahwa kiprah pemuda tidak bisa dianggap enteng, sejarahnya Presiden termuda di dunia adalah Kim Jong Un, yang merupakan Presiden Korea Utara. Ia adalah putra ketiga mendiang Presiden Korea Utara sebelumnya Kim Jong II, yang meninggal pada 17 Desember 2011 lalu. Kim Jong Un diperkirakan berusia 28 tahun. Semua perkiraan mengenai usia sang presiden muda ini lantaran riwayat kelahirannya tidak dicatat secara khusus, atau dirahasiakan oleh negara tersebut.

Kiprah Pemuda di ranah politik tanah air  juga cukup membanggakan, Sutan Riska tuanku kerajaan menjadi salah satu Bupati termuda di Indonesia, terpilih sebagai Bupati Kabupaten Dharmasraya diusia 26 Tahun dan Mochamad Nur Arifin dengan Usianya yang ke 25 Tahun  terpilih Menjadi Wakil Bupati termuda berpasangan dengan Emil Elistianto Dardak yang dipercaya Masyarakat Trenggalek Jawa Timur pada Pilkada serentak 09 Desember 2015 yang lalu terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Daerah Tersebut.

Pemuda Way Kanan juga tak kalah berhasil kita melihat beberapa pemuda yang bergabung organisasi kemasyarakatan Pemuda sukses diberbagai Profesi, kita mengenal Iskardo P Panggar.SH.MH Mantan ketua DPD KNPI Kabupaten Way Kanan, kini tercatat sebagai ketua KPUD  daerah ini, di era selanjutnya Hi. Agung Ilmu Mangkunegara.S.STP.MH Kini menjabat sebagai Bupati Lampung Utara dan yang paling teranyar yakni Hi. Raden Adipati Surya.SH.MM yang kini menjabat sebagai Bupati Way Kanan periode 2016-2021.

Melihat Keberhasilan pemuda tersebut seyogyanya menjadi pelecut semangat bagi generasi muda di Bumi Ramik Ragom, di tengah-tengah kekhawatiran berbagai kalangan tentang terbenamnya pemuda kedalam pergaulan bebas, Narkoba, terlibat dalam kasus kekerasan maupun terorisme harus ditepis dengan kegiatan positif hingga para pemuda dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat disekelilingnya.

Yang paling mengenaskan kini adalah maraknya penyalahgunaan narkoba dikalangan pemuda, peredaran dan penggunaan barang haram tersebut dikalangan generasi muda  dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini dikemudian hari, karena sebagai penerus Bangsa semakin hari akan semakin rapuh akibat digerogoti zat adiktif Narkoba tersebut.

Langkah dan Kebijakan serta ajakan Bupati Raden Adipati Surya dalam memberantas penyalahgunaan  dan peredaran Narkoba di Bumi Ramik Ragom, harus direspon Positif oleh kalangan generasi muda Way Kanan, untuk itu peran organisasi masyarakat Pemuda (OKP) maupun personel Generasi muda dalam mendukung ajakan serta kebijakan tersebut haruslah diimplemantasikan dengan langkah-langkah Konkret melalui kegiatan-kegiatan Positif sebagai upaya meminimalisir serta mempersempit gerak langkah peredaran narkoba di Bumi Ramik Ragom.

Bupati Raden Adipati Surya mengatakan penyalahgunaan Narkoba mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada Sistem Syaraf Pusat (SSP) dan organ-organ tubuh  sehingga akan berdampak buruk bahkan kematian bagi penggunanya.

Menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan yang harus kita berantas bersama-sama untuk menciptakan  lingkungan yang aman dan tenteram ditengah-tengah masyarakat,”Tegas Raden Adipati Surya yang dilantik sebagai Bupati Way Kanan 17 Februari 2016 itu.

Dalam Konteks membangun daerah, Sebagai pemegang estafet di masa yang akan datang, generasi muda harus menjadi pilar, penggerak dan pengawal jalannya pembangunan daerah, generasi muda yang  mendominasi populasi terbanyak untuk saat ini, harus mengambil peran sebagai garda terdepan untuk kemajuan daerah. Sudah saatnya generasi muda menempatkan diri sebagai agen dalam melakukan perubahan. Generasi muda yang masih relatif bersih, harus menjadi aset potensial untuk kejayaan  Way Kanan dimasa yang akan datang.

Saat menghadiri pelantikan salah satu Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Bupati Raden Adipati Surya Menegaskan Organisasi kepemudaan yang beragam harus bekerja sama, berbagi tugas, dan saling mendukung dalam  Mencegah  tindakan-tindakan yang dapat menurunkan moralitas, yang  harus dilakukan melalui berbagai jalur, seperti kegiatan sosial,  pendidikan, budaya, ekonomi, politik, dan sebagainya. Hanya dengan cara kerja seperti inilah penurunan moralitas dikalangan pemuda dapat dicegah.

Generasi muda yang tergabung dalam berbagai organisasi kemasyarakatan atau organisasi kepemudaan memiliki posisi penting dalam pembanguan daerah. Mereka memahami dengan baik kondisi daerah dari berbagai sudut pandang dan memiliki interaksi yang kuat dengan lapisan masyarakat dan dengan elit penguasa, sehingga menjadi bekal untuk berkontribusi dalam membangun daerah.

Untuk Menuju Way Kanan yang Maju dan Berdaya saing sangatlah dibutuhkan peran semua pihak khususnya peran generasi muda, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88, 28 Oktober 2016 mendatang seyogyanya dijadikan  momentum kebangkitan elemen pemuda di Bumi Rami Ragom ini karena Way Kanan Rindu Pemuda yang kaya akan kreatifitas, Way Kanan membutuhkan pemuda yang sarat akan karya.


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar